Slider
Home / Muara Enim / Rangkaian HUT PT BA Ke-40, Gubernur Sumsel Resmikan PLTS

Rangkaian HUT PT BA Ke-40, Gubernur Sumsel Resmikan PLTS

Bagikan Berita ini ...

Muara Enim, Detiksriwijaya – PLH Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MM mendampingi Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru SH MM meresmikan program infrastruktur Provinsi Sumsel dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tanjung Raja serta Obyek Wisata Tambang Tanjung Enim, Selasa (2/3/2021).

Peresemian program infrastruktur ini berlangsung di Desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan, Plt Sekda, Para Staf Ahli, Asisten dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim, para Camat dan kepala desa.

Sedangkan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tanjung Raja serta Obyek Wisata Tambang Tanjung Enim dilakukan di Desa Tanjung Raja dan Obyek Wisata Tambang Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul.

Sebelum melakukan peresmian tersebut, Gubernur Sumsel dan Plh Bupati Muara Enim terlebih dahulu menghadiri kegiatan puncak peringatan dan syukuran hari ulang tahun (HUT) PTBA ke-40 di Gedung Serba Guna PTBA Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul.

PLH Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MM mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumsel beserta rombongan yang datang di Kabupaten Muara Enim.

Dikatakannya, kehadiran Gubernur Sumsel merupakan bukti kecintaan kepada semua masyarakat Kabupaten Muara Enim sekaligus menjadi spirit dan motivasi untuk bahu-membahu menyukseskan pembangunan daerah sesuai program yang telah dicanangkan.

Disampaikannya juga, bahwa Kabupaten Muara Enim ini memiliki luas 7.483,06 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 636.815 jiwa tersebar di 246 desa, 10 kelurahan dalam 22 kecamatan.

Mengingat hal tersebut, tentunya saat ini kemampuan keuangan daerah Kabupaten Muara Enim belumlah dapat secara maksimal mengakomodir semua kebutuhan, termasuk pelayanan infrastruktur kepada masyarakat. 

Oleh sebab itu, berbagai pembiayaan pembanguan di luar dana APBD Kabupaten Muara Enim yang salah satunya melalui keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat berarti dan dibutuhkan.

Kedepan, Plh Bupati berharap gubernur masih terus mendukung pembangunan di Kabupaten Muara Enim, baik secara moril maupun melalui dukungan dalam bentuk pembiayaan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Selatan. Semoga bantuan ditahun-tahun mendatang dapat terus teralokasi dan semakin meningkat.

Dengan adanya dukungan ini, diharapkan pembangunan daerah dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala demi mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, yaitu Sumsel Maju Untuk Semua.

Ditambahkannya, dirinya atas nama pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Muara Enim menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh karyawan PTBA melalui Direktur Utamanya, Ir H Arviyan Arifin dan berterima kasih atas sinergitas maupun kontribusi PTBA terhadap pembangunan di Kabupaten Muara Enim

Ia juga menilai, bahwa sebagai BUMN pelopor industri tambang dan hilirisasi batubara di Indonesia, PTBA telah banyak mendukung pembangunan di Kabupaten Muara Enim, baik fisik maupun nonfisik hingga menjadikan PTBA sebagai perusahaan kebanggaan masyarakat Bumi Serasan Sekundang.
Plh Bupati pun mendukung inisiasi gubernur untuk mewujudkan Muara Enim, khususnya Tanjung Enim dan sekitarnya menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga dapat menarik investasi daerah, tumbuhnya industri padat karya dan penyerapan tenaga kerja lokal.

Untuk itu menurutnya, Pemkab Muara Enim siap mendukung dan bersinergi dengan PTBA maupun lembaga terkait lainnya. Apalagi, saat ini Pemkab Muara Enim sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Wisata Tanjung Enim yang nantinya dapat dimaksimalkan sebagai destinasi wisata tambang di Indonesia.

Kemudian iapun menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan pompa irigasi tenaga surya di Desa Tanjung Raja yang nantinya akan mengaliri 63 hektar sawah.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Dikmaba PK TNI AD Tahun 2020 Ditutup Mayjen TNI Agus Suhardi

Bagikan Berita ini ... Lahat, Detiksriwijaya – Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin Upacara …