20211217_145454-1-e1639768079947
IKLAN BESAR
previous arrow
next arrow

Didemo PP, KPU Lahat Terindikasi Tak Netral

Bagikan Berita ini ...

# Rizal, Silakan Buktikan

 

LAHAT, Detiksriwijaya  – Suhu pelaksanaan Pilkada Lahat,  yang akan berlangsung 27 Juni 2018 mendatang tampaknya mulai memanas.  KPU Lahat,  sebagai penyelenggara diindikasikan puluhan massa dari MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lahat dan elemen masyarakat tidak netral atau memihak kepada salah satu calon. Disisi lain,  massa juga menyoroti sikap profesionalisme,  adil dan keterbukaan komisioner KPUD Lahat.  

 

“Kami punya bukti adanya indikasi oknum Komisoner KPU Lahat tidak netral.  Jangan bermanuver dengan paslon.  Kalian itu wasit. Jangan mau dipengaruhi dengan uang receh.  Laksanakan Pilkada dengan jujur,  amanah,  bersih,  adil,  bebas dan rahasia. Kami akan menjadi garda terdepan mengawal anda jika anda ‘bermain main’ melaksanakan Pilkada Lahat, “tegas, Jemmy  R Delair,  salah satu koordinator aksi,  saat menggelar aksi damai anggota MPC Pemuda Pancasila dan elemen masyarakat,  di depan kantor KPUD Lahat,  Rabu (20/6), namin Jimmy sendiri belum menyebut adanya indikasi keberpihakan dengan salah satu calon. 

 

Jimmy juga menyoal kurang sosialisasi dan mempertanyakan kebersamaan anggota PPK dan beberapa komisioner KPUD Lahat,  di salah satu pusat perbelanjaan di Palembang.  “Kalian itu diamanahi rakyat.  Kalian sudah digaji rakyat.  Jangan lukai hati rakyat. Jalankan pilkada ini sesuai aturan jangan bermanuver ke paslon, “ujarnya Jimmy.  

 

Sementara,  koordinator aksi lainya Habibullah Komar membacakan 10 tuntutan MPC PP dan Masyarakat yakni Menuntut KPUD Lahat bersikap netral dan tidak memihak kepada paslon manapun.  Menuntut KPU Lahat untuk melaksnakan proses Pilkada yang bersih jujur adil langsung umum,  bebas dan rasia sebagai penyelenggaran pesta demokrasi.  Menuntut KPU Lahat untuk independen dan tidak di intervensi pihak manapun.  Menuntut KPU Lahat bekerja profesioanal dan menjaga profesionalisme jajaranya dalam menjalankan pilkda dan tak ciderai pilkada lahat.  

 

“Keenam tugas KPU hanya melaksanakan sosialisasi secara baik dan benar dan mengajak warga untuk memilih.  KPU Lahat sebagai penyelenggara memiliki prinsip mandiri jujur adil berkafasitas hukum tertib terbuka profesional proporsonal akuntable efektif dan efesien. KPU wajib lakukan pemuktahiran data DPT agar warga lahat bisa gunakan hak pilihnya tanpa terkecuali termasuk kalangan disabilitas,”Tegas Habib, 

 

Ditambahkan Habib,  KPU bertanggungjawab mewujudkan adil dan bersinergisitas demi terciptanya proses demokrasi yang menyeluruh.  kPU wajib laporkan pertanggungjawabkan anggaran sesuai uandang undang serta KPU wajib menjaga dan berranggungjawab pelaksanaan pilkada tahun 2018, yang kondusif.  

 

Terpisah,  Ketua KPU Lahat,  Samsulrizal Nusir,  mengapresiasi aksi damai yang dilakukan Pemuda Pancasila.  Namum demikian terkait indikasi yang disuarakan kepada komisioner KPU Lahat,  Rizal meminta untuk dibuka dan dibuktikan jika memang benar adanya.  Dirinya juga memastikan pihaknya tidak memihak kepada salah satu paslon manapun.  Tak hanya itu,  Rizal juga memastikan tidak adanya pertemuan dengan Paslon dalam hal untuk berkompromi dalam proses Pilkada.  

 

“Silakan dibuka saja jika memang punya bukti kami tidak netral atau mendukung salah satu calon.  Kalau pertemuan dengan paslon bisa terjadi tapi lihat kapasitasnya dalam rangka apa. Kami bisa berpihak tapi berpihak kepada masyarakat,  berpihak kepada distabilitas keamanan pilkada,”tegas Rizal.  

 

Sementara,  selama aksi sendiri berjalan aman. Puluhan massa juga dijaga aparat ke polisian.  Usai orasi,  massa lalu membubarkan diri dengan tertib.  Ds02.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Melalui JOHERPAS, Kades Gedung Agung Gugat Kapolres Empat Lawang, Kasatres Narkoba Juga Dansat Brimob Polda Sumsel Terkait Dugaan Pelanggaran HAM

Bagikan Berita ini ... Lahat, Detiksriwijaya – Lebih kurang seratus massa dari Desa Gedung Agung, …