20211217_145454-1-e1639768079947
IKLAN BESAR
previous arrow
next arrow

MELALUI BID FAUZAN BERHARAP KADES DI LAHAT BISA KEMBANGKAN POTENSI DESA

Bagikan Berita ini ...

 

Reporter : DARMAWAN

LAHAT, Detiksriwijaya, – Bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat, ratusan Kepala desa (Kades. Red)  se-Kabupaten Lahat didampingi perangkat desa hari ini, Selasa (04/09) mengikuti  kegiatan Bursa Inovasi  Desa (BID, red)  Kabupaten Lahat Tahun 2018.

Terlaksananya kegiatan ini dalam rangka menjembati kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi  bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternative kegiatan pembangunan  desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Acara yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lahat bersama Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa, juga  dimaksudkan sebagai forum penyebaran dan pertukaran  inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa desa.

“Tujuan kegiatan ini adalah menjual kreasi dan inovasi yg sudah dilakukan oleh desa, yang  mana bisa diadobsi ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki desa,” terang Fauzan Khoiri, AP, MM,  Kadis Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lahat.

Dijelaskan Fauzan kembali, dari kegiatan ini peserta Kades  bakal menerima petunjuk terkait inovasi apa saja yang bisa dilakukan di desanya masing masing,  diantaranya beberapa point menu  bursa inovasi yang bisa dilakukan meliputi  sumber daya manusia maupun lingkungan.

“Harapan kita melalui BID, apa yang telah dilakukan oleh kawan kawan kawan  kepala desa yang sudah berhasil melalui tiga bursa inovasi itu bisa kita lakukan di wilayah kita terutama yang bernilai produktif sehingga bisa menghasilkan untuk desanya masing masing,” harap Fauzan.

Masih kata Fauzan, Kepala desa merupakan Leader dan yang akan memberikan warna di desa itu sendiri adalah seorang kades. Lebih lanjut, diharapkan kepala desa,  bisa benar benar memilah apa yang bakal dilakukan untuk memajukan serta membangun desanya supaya lebih baik lagi.

“Mau diapakan desa tergantung dari kepala desanya, jadi saya harapkan melalui kegiatan ini kades bisa benar benar memilah potensi apa yang bisa dikembangkan untuk dijadiakan sumber kegiatan baru yang bernilai ekonomi produktif,” tegasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Melalui JOHERPAS, Kades Gedung Agung Gugat Kapolres Empat Lawang, Kasatres Narkoba Juga Dansat Brimob Polda Sumsel Terkait Dugaan Pelanggaran HAM

Bagikan Berita ini ... Lahat, Detiksriwijaya – Lebih kurang seratus massa dari Desa Gedung Agung, …