Sabtu , September 18 2021
Slider
Home / hankam / Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 Kabupaten Lahat

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 Kabupaten Lahat

Bagikan Berita ini ...

 

LAHAT, Detiksriwijaya – Bertempat di kantor Komisi Pemilihan Umum, hari ini Rabu (04/10) diikuti seluruh Caleg Kabupaten Lahat yang berasal dari partai politik peserta pemilu bersama sama melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 .

Kegiatan ini dihadiri langsung, Bupati Kabupaten Lahat Marwan Mansyur SH. MM, Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH Msi yang diwakili Kasdim 0405 Mayor Inf Deri Apriansyah S.H, Kajari Lahat Jaka Suparna SH diwakili Kasi Intel Bani Imanuel Ginting, Ketua MUI Zulkia Kohar, SKPD, Toga dan Tomas.

Kegiatan deklarisi yang digelar hari ini dimaksudkan, agar dalam pelaksanaan kampanye yang dilakukan masing masing calon legislatif dapat sama sama menjadikan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

“Kita mengingatkan, agar sama menjaga pemilu ini nantinya bisa berjalan aman, nyaman, damai dan tentram,” terang Kepala KPU Kabupaten Lahat Samsurizal Nusir S.E dalam sambutannya.

Lebih lanjut ketua KPU Lahat mengajak, agar dalam pelaksanaan kampanye masing masing caleg selain menjaga kondisi aman, nyama dan damai diharapkan bebas dari politik uang (money politik).

“Kami sampaikan, pengawasan nantinya bukan tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, ini adalah tanggung jawab semua element untuk menjaga keamanan saat pemilu belangsung, baik dari TNI, Polri maupaun masyarakat, semoga pemilu ini aman sesuai harapan, selamat berkampanye,” tukasnya.

Sementara dalam kata sambutan Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK menjelaskan, pada kampanye nantinya tidak menutup kemungkinan adanya isu isu negatif untuk memecah bela dan mengganggu situasi Kamtibmas melalui deklarasi kampanye damai.

#Caleg dari partai PBB siap sukseskan Pileg dan Pilpres#

Lebih lanjut, Roby memberikan saran khususnya kepada Bawaslu Kabupaten Lahat agar melaksanakan sosialisasi ke masyarakat perihal yang dimaksud pelanggaran pelanggaran pemilu agar pemilu nantinya berjalan lancar.

“Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terkait pelanggaran pelanggaran pemilu, agar masyarakat paham bentuk bentuk pelangaran tersebut. Saya menghimbau, bila nantinya ada pelanggaran laporan pertama kali tidak bisa langsung ke Polres Lahat melainkan harus melalui tahapan yang telah ditentukan yakni melalui Bawaslu terlebih dahulu baru ke Kita dan kemudian kita teruskan ke Gakkumdu (penegakan hukum terpadu), Saya mengajak mari kita sama sama mensukseskan pemilu pileg dan pilpres yang aman dan nyaman,”himbaunya.

Dalam kata sambutan Bupati Lahat Marwan Mansyur, mengajak kepada seluruh partai pengusung caleg agar sama sama menjaga situasi pemilu agar aman, nyaman dan tertib. “Saya atas nama pemerintah Kabupaten Lahat mengajak, mari sama sama kita sukseskan pemilu 2019. Ini adalah tugas kita bersam untuk jaga situasi pileg dan pilpres yang aman dan damai,” tandasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

MAKI SUMSEL : Tanda Tangan Tempel Tidak Dibenarkan, Bila Bupatinya Terlibat Proses Sesuai Hukum

Bagikan Berita ini ... FERI KURNIAWAN Deputy MAKI SUMSEL Lahat, Detiksriwijaya – Penggeledahan dalam pencarian …