Sabtu , September 18 2021
Slider
Home / hankam / TMMD TA 2018 KODIM 0405 DISAMBUT ANTUSIAS WARGA DESA MUARA DUA

TMMD TA 2018 KODIM 0405 DISAMBUT ANTUSIAS WARGA DESA MUARA DUA

Bagikan Berita ini ...

 

LAHAT, Detiksriwijaya – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD, red)  ke 103 T.A 2018 Kodim 0405/Lahat yang difokuskan di Desa Muara Dua, Kecamatan Pagar Gunung hari ini Senin (15/10) melalui tema “Melalui Program TNI Manunggal Rakyat Dalam mewujudkan Desa Yang Maju Sejahtera Dan Demokratis” anggota TNI melakukan pembangunan MCK, Jalan Desa, Masjid, bedah rumah serta pelayanan kesehatan berupa berobat gratis juga sunatan massal.

Peresmian TMMD ke 103 ini secara resmi dibuka Bupati Lahat Marwan Mansyur pada upacara pembukaan yang diikuti langsung Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi SH, Msi,  Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK diwakili Waka Polres Lahat Kompol Ernawan SH beserta beberapa personil Polres Lahat, Dansub Denpom Lahat  Kapten Supriyono, beberapa Danramil Kodim 0405/Lahat, seluruh unsur pemerintah Kecamatan Pagar Gunung, pelajar, personil TNI, FKPPI (Forum Komunikasi Putra putri Purnawirawan TNI Polri) Cabang 0605 Kabupaten Lahat, PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat).

Kegiatan ini berdasar tindak lanjut dari surat telegram Danrem 044/GAPO tentang perintah untuk merencanakan serta menyiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD Kodim 0405 Semester II TA. 2018.

Kegiatan ini dimaksudkan memberikan gambaran tentang kesiapan pelaksanaan TMMD Ke-103 TA. 2018 di Desa Muara Dua dengan sasaran fisik membuka dan menyiapkan badan jalan desa sepanjang 3 KM dan lebar 6 KM, tembok penahan sepanjang 400 M, membuat PLAT Duiker W1 sebanyak lima unit, rehab masjid Nurul Iman satu unit, pembuatan pos kamling dua unit, pembuatan pemandian umum satu unit serta bedah rumah dua unit.

Kegiatan ini juga dimaksudkan dengan sasaran non fisik berupa penyuluhan pertanian, penyuluhan tentang bahaya penggunaan narkoba, penyuluhan wasbang dalam proxiwar, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan kesadaran bela negara dan cinta tanah air, penyuluhan bahaya akibat penebangan liar, penyuluhan Kamtibmas serta penyuluhan hukum.

Pelaksanaan TMMD ini diagendakan dari mulai tanggal 15 Oktober hingga 13 Nopember 2018 dengan tahap pengakhiran (finishing, red) tanggal 19 Nopember sampai dengan 21 Nopember 2018.

Administrasi TMMD terdiri dari personil Satgas (Satuan tugas) 150 orang terdiri dari POK Komando, Tim Asistensi, SSK (Satuan Setingkat Kompi) juga personel pendukung dari dinas dan instansi terkait Pemkab Lahat, aparat pemerintah, kades, tomas, dan Toga serta pekerja sosial masyarakat, karang taruna dan mahasiswa juga lembaga pendidikan serta organisasi masyarakat.

Logistik sendiri meliputi dukungan anggaran komando atas dengan total dana Rp. 360.500.000,- serta dukungan dana hibah dari Pemkab Lahat Rp. 2.000.000.000,-.

Pembukaan dibuka langsung oleh bupati lahat yang digelar di lapangan Desa Muara Dua ditandai dengan penyerahan bahan dan peralatan kerja secara simbolis oleh Bupati Lahat Marwan Mansyur selaku Ispektur Upacara (Irup, red).

Dalam sambutan Bupati Lahat atas nama  Pemerintah Kabupaten Lahat memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada TNI yang telah membantu pembangunan daerah daerah terpencil yang juga kegiatan dimaksud merupakan salah satu program pemeritah pusat yakni menunjang pembangunan yang merata kepada masyarakat sekitar.

“Diharapkan pemerintah sekitar supaya membantu dan suport kegitan ini sehingga kedepannya kita masyarakat sendiri yang merasakan dan menikati pembanguan itu sendiri, atas nama Pemkab Lahat terima kasih dan ucapan yang setinggi tingginya pada TNI khususnya Kodim 0405 Lahat yang telah membantu pembangunan di Desa Muara Dua,”sampai Bupati.

 

Pembukaan TMMD ini sendiri disambut antusias warga desa setempat. Yulius Effendi Spd, salah satu tenaga pendidik SMA Di Kecamatan Pagar Gunung atas nama warga mengucapakan banyak terima kasih kepada Kodim 0405 yang telah melaksanakan TMMD di Desa Muara Dua.

“Kalau TNI yang bekerja kami sangat setuju karena TNI ini kalau dari segi pembangunan bekerja bahu membahu, tanpa mengenal lelah dan ikhlas. Tanpa mengharap pamrih dan lainnya,” ungkap Yulius.

Lebih lanjut dikatakan Yulius, dirinya menilai setiap pembangunan yang dilakukan TNI ingin meninggalkan kenangan yang sebaik baiknya bagi daerah yang mereka bangun. Sejauh ini antusias masyarakat terkait TMMD yang dilakukan sebelumnya dari isu bahwa TNI akan melakukan pembangunan masyarakat sangat mendukung sekali.

“Hari ini dapat kita lihat, dari aktivitas masyarakat yang biasa pergi ke ladang dan ke sawah semuanya ditinggalkan, guna melihat pembukaan sekaligus peresmian tanda dibukanya TMMD ini. Kami siap mensukseskan TMMD ini,”terangnya.

Menurut Yulius, bukti baiknya sambutan masyarakat program TMMD ini pada saat pembebasan lahan tanpa dipinta pun, kalau pembangunan yang dilakukan TNI  masyarakat sudah ikhlas menyerahkan lahan yang dimiliki tanpa konpensasi.

“Intinya sebelum dipintapun, warga sudah memberikan dengan ikhlas lahannya. InsyAllah kami akan mendukung dengan sepenuh hati kami, apapun programnya kami masyarakat Pagar Gunung akan mendukung dan mensukseskan TMMD tahun ini di Pagar Gunung,”tegasnya. Ds01.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

MAKI SUMSEL : Tanda Tangan Tempel Tidak Dibenarkan, Bila Bupatinya Terlibat Proses Sesuai Hukum

Bagikan Berita ini ... FERI KURNIAWAN Deputy MAKI SUMSEL Lahat, Detiksriwijaya – Penggeledahan dalam pencarian …