20211217_145454-1-e1639768079947
IKLAN BESAR
previous arrow
next arrow

Sinergi Kodim 0405 Dan Polres Lahat, Berhasil Amankan Ratusan Butir Extasi Paket Besar Sabu

Bagikan Berita ini ...

LAHAT, Detiksriwijaya – Lagi aparat TNI dari Kodim 0405 Lahat bersinergi dengan Polres Lahat ungkap peredaran narkoba. Kali ini, bukan ladang ganja namun ratusan butir narkoba jenis Pil Extasi, paketan sabu serta senjata api rakitan lengkap dengan pelurunya diamankan petugas penegak hukum ini.

Tak hanya itu, beberapa barang bukti lainnya seperti timbangan digital yang diperuntukkan menimbang narkoba jenis Sabu, dua unit sepeda motor, senjata tajam, beberapa unit Handphone pun turut diamankan.

Keberhasilan pengungkapan barang haram perusak generasi penerus bangsa ini, berkat penggalangan yang dilakukan Babhinsa Koramil Merapi maupun anggota Babin Kamtibmas secra terus menerus ke masyarakat. Ini juga sebagai bukti nyata pernyataan sikap para TNI dan Polri yang menyatakan “Perang Terhadap Narkoba”.

Bermula sekira pukul 14.30 Wib (Rabu, 13/02/2019) anggota Kodim 0405 Lahat Kopka Arwansyah, anggota Koramil merapi  Sertu Eko serta satu anggota Polsek merapi Brigadir M. Ade, mendapatkan Iaporan dari Sukurman warga Desa Tanjung Jambu, Merapi Timur Lahat, menjelaskan kepada aparat TNI Polri dimaksud bahwa ada dua unit motor yang mencurigakan sedang terparkir di kebun karet miliknya tepatnya di Jalan Servo, Desa Tanjung Jambu, Lahat.

Mendapat laporan, kemudian aparat gabungan  anggota TNI dan Polri tersebut melakukan Patroli ke lokasi. Setelah tiba di lokasi anggota yang patroli melihat 2 orang laki laki dan 1 orang perempuan yang berada di dalam pondok kebun karet tempat dimaksud.

Kedatangan petugas ini rupanya diketahui ke tiga orang tersebut dan ketiganya langsung meninggalkan pondok. Sempat terjadi pengejaran, karena jarak yang terlampau jauh petugas yang melakukan pengejaran kehilangan jejak.

Selanjutnya, petugas melakukan penggeledahan di dalam pondok yang di tinggalkan tersebut, saat dilakukan penggeledahan di temukan barang bukti berupa:
– 72 butir pil diduga extasi warna hijau logo panda.
-65 butir pil diduga extasi warna merah non logo
-1 kantong besar serbuk kristal putih di duga narkotika jenis shabu seberat 22.00 gram.
-5 paket kecil serbuk kristal putih diduga narkotika jenia shabu.
-1unit motor jenis Scoopy warna biru BG 6815 CP
– 1 unit honda modifikasi Trill
-7 unit HP
-1 buah timbgan digital
-1 pucuk senpi rakitan jenis rev
-6 butit peluru
-2 bila senjata tajam
-4 kantong plastik bening
-1 set alat hisap shabu
– 1 lembar KTP atas nama Ria Permata Indah.
-2 Buah tas jinjing.

Selanjutnya, barang bukti yang ditemukan diamankan dan dibawa ke Polsek Merapi Barat Polres Lahat guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Dandim 0405 Lahat Letkol Sungudi SH,  menjelaskan bahwa keberhasilan penggerebekan dan pengungkapan narkoba tersebut berkat sinergi anggota Polri khususnya Polres Lahat bersama anggota TNI Kodim 0405 dan juga tak lepas dari peran serta masyarakat yang peduli untuk bersama memberantas peredaran narkoba.

“Ya intinya, TNI sangat komitmen dalam pemberantasan Narkoba, dan kami nyatakan perang terhadap Narkoba dan pemberantasan Narkoba adalah tanggungjawab kita bersama, makanya setiap ada informasi masyarakat segera kita tindaklanjuti dan saya ucapkan terimakasih atas informasinya,”terang Dandim.

Untuk proses selanjutnya temuan tersebut diserahkan  ke pihak Polres Lahat. Sungudi juga mengucapkan banyak terima kasih pada masyarakat yang mana telah memberikan informasi setiap melihat maupun yang mencurigakan kepada anggotanya yang bertugas di tengah tengah masyarakat.

“Selanjutnya barang bukti kita serahkan ke Polres untuk proses hukum selanjutnya. Terima kasih dan apresiasi saya ucapkan atas kinerja Anggota Kodim 0405/Lahat yg telah berhasil menggerebek dan mengungkap adanya peredaran narkoba ini walau pelaku belum tertangkap. Tetap lakukan yang terbaik dan tetap semangat. Bersama Rakyat TNI Kuat, ” Pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK melalui Kapolsek Merapi Area AKP Herli Setyawan SH membenarkan adanya penggrebekan yang dilakukan personil Polsek Merapi Polres Lahat bersama anggota Kodim 0405 Lahat.

“Ya benar, barang bukti sudah kita amankan dan personil Polsek merapi dan Satuan Narkoba Polres Lahat masih melakukan penyelidikan dan menyisir daerah sekitar ditemukan narkoba ini, ” Tandasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Biduan Tempel OT Sebabkan 1 Pemuda Mulak Meregang Nyawa, Tim Buser Lahat Turun Tangan

Bagikan Berita ini ... #Tim Buser Satreskrim Polres Lahat Saat Cek TKP# Lahat, Detiksriwijaya – …