20211217_145454-1-e1639768079947
IKLAN BESAR
previous arrow
next arrow

Manggala Agni Daops Lahat Lakukan Pembinaan MPA

Bagikan Berita ini ...

LAHAT, Detiksriwijaya – Manggala Agni Daops Lahat Balai Perubahan Iklim Dan Karhutla Wilayah Sumsel, bertempat di objek wisata Pelancu, Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat melaksanakan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA, red). Kamis, (27/06/2019).

Kegiatan sosialisasi dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan, di wilayah kerja Manggala Agni Daops Lahat diikuti perwakilan MPA dari Desa Perangai, Merapi Selatan, Desa Ulak Pandan, Merapi Barat, Desa Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Desa Beringin Janggut, Kikim Selatan, serta Desa Tanjung Raja, Kecamatan Gumay Ulu Lahat.

Dalam kata sambutan Kepala Manggala Agni Daops Lahat Edi Striawan SP, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk ajakan kepada masyarakat melalui perwakilan MPA untuk mengajak kepada masyarakat di desa masing masing untuk bersama perduli mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Kabupaten Lahat memang relatif aman, memang tingkat Sumsel hotspot paling rendah, disini saya mengajak kepada MPA untuk tetap menjaga dan terus mensosialisasikan pentingnya bahaya Karhutla,” Sampai Edi

Lanjut lelaki yang sebelumnya menjabat Kepala Daops MUBA ini, Kabupaten Lahat dibandingkan wilayah lain memang memiliki karakter yang berbeda dari wilayah lain sehingga untuk kemungkinan terjadinya Karhutla tidaklah tinggi.

“Karhutlah ini merupakan tanggung jawab kita bersama, pihak pemerintah maupun masyarakat tentunya diharapakan berperan untuk mencegah Karhutla. Kepada MPA saya mengajak untuk tetap melakukan sosialisasi bersama Manggala Agni dalam pencegahan Karhutla,” Ajaknya.

Sementara, dalam paparan Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK, Msi melalui Kanit Pidsus Ipda Chandra menyampaikan bahwa pembakaran hutan merupakan perbuatan melawan hukum dan bisa dikenakan sangsi pidana hukum.

Dijelaskan Chandra, untuk mencegah Karhutla adalah tanggung jawab semua pihak, dalam hal ini kesadaran pentingnya mempunyai tanggung jawab untuk mencegah Karhutla dimulai dari sendiri.

Kegiatan pembinaan MPA ini selain melibatkan perwakilan MPA masing masing desa juga melibatkan mahasiswa dari Universitas Sriwijaya Palembang serta perwakilan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera.

Usai kata sambutan serta pemaparan dari narasumber yakni Polres Lahat, dilakukan sesi tanya jawab. Pantau Detiksriwijaya.com kegiatan ini diikuti antusias seluruh peserta. Ds01.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Tak Patuhi Putusan Praperadilan, Kuasa Hukum Herman Samsi Bakal Somasi Kapolres Empat Lawang

Bagikan Berita ini ... Lahat, Detiksriwijaya – Herman Hamzah SH, Joko Bagus SH,  Pasten Hard …