20211217_145454-1-e1639768079947
IKLAN BESAR
previous arrow
next arrow

Cepat Tanggap, Bhabin Polsek Tanjung Agung Berhasil Mediasi Warga Berselisih Paham

Bagikan Berita ini ...

Muara Enim, Detiksriwijaya – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Agung, Polres Muara Enim melakukan kegiatan Problem Solving (Mediasi, red) dua warga di wilayah hukumnya. Kegiatan yang masuk salah satu program andalan Polsek Tanjung Agung  yang dinamakan NOBAR POLMAS (Ngobrol Bareng Polisi Dan Masyarakat)dilaksanakan di Kantor Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim, Senin (02/09/2019).

Kali ini, anggota Bhabin ini memediasi dua warga dari Desa Paduraksa dan warga Desa Pagar Dewa, Tanjung Agung, Muara Enim. Anggota Bhabin yang dipercaya untuk menengahi permasalahan ini Brigpol Irwansyah.

Adapun permasalahan yang terjadi di antara kedua warga berlainan desa ini, bermula dari perbuatan serta kekhilafan dari SS (36) warga Paduraksa yang diduga sering menghubungi (nelpon, red) istri dari SH (37) warga Pagar Dewa.

SH yang mengetahui hal tersebut, tentunya tidak senang atas perbuatan yang dilakukan SS dari situasi ini tentuinya bakal menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan apabila tidak segera ditindak lanjuti.

Mungkin karena sering dan aktifnya anggota Bhabin berada ditengah masyarakat, informasi sekecil apapun cepat diterima pihak Polri ini.

Berkat sikap cepat tanggap dari anggota Bhabin ini, yang sebelumnya juga telah menerima arahan langsung dari Kapolsek Tanjung Agung AKP Arif Mansyur SIk, melalui musyawarah mufakat permasalahan ini dapat terselesaikan dengan damai.

SS menyadari perbuatannya salah, lalu meminta maaf kepada SH dan berjanji tidak menggulangi perbuatannya kembali, SH yang mendengarkan arahan dan nasehat dari aparat penegak hukum menerima permohonan maaf dan sanggup tidak berselisih atau dendam (Ikhlas memaafkan SS). 

Kapolsek Tanjung Agung AKP Arif Mansyur SIK dibincangi menjelaskan, kegiatan yang dialaksanakan anggotanya merupakan upaya meningkatkan “public trust” atau kepercayaan masyarakat terhadap Polisi.

“Tentunya melalui kegiatan ini, kita memberikan contoh dan gambaran langsung dimana Polisi tidak hanya dapat menyelesaikan permasalahan melalui penegakan hukum, namun dapat diselesaikan diluar penegakan hukum atau mencari solusi yang terbaik demi tercapainya mufakat antara pihak yang berselisih paham (win win solution). Intinya kita menanamkan pembelajaran pada warga bahwa permasalahan yang kecil jangan dibesar besarkan,” sampai Kapolsek yang dikenal dekat dengan warga ini.

Lebih lanjut, Arif menghimbau kepada warga di wilayah hukumnya agar tetap menjaga situasi Keamanan ketertiban yang sudah tercipta.

“Saya menghimbau kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Tanjung Agung, tetap jaga silaturahmi antar sesama. Jangan melakukan perbuatan yang mengarah ketindak pidana, Kamtibmas merupakan tanggung jawab kita bersama. Informasikan kepada kami apabila mengetahui dan melihat adanya tindakan yang mengarah pada perlawanan terhadap hukum,”tegasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Berikut 5 Poin Petitum Praperadilan Yang Bebaskan Herman Samsi Dari Jerat Pidana Hukum

Bagikan Berita ini ... #Herman Samsi Bersama Istri Didampingi Kuasa Hukum# Empat Lawang, Detiksriwijaya – …