Sabtu , September 18 2021
Slider
Home / Covid 19 / Warga Talber Positif Covid 19, Berikut Penjelasan Kadinkes Lahat

Warga Talber Positif Covid 19, Berikut Penjelasan Kadinkes Lahat

Bagikan Berita ini ...

LAHAT, Detiksriwijaya – Warga Talang Berangin (Talber, red) Kelurahan Bandar Agung, Kabupaten Lahat resah. Pasalnya, sepasang suami istri hasil tracking dari pasien positif Covid 19 yang sedang menjalani perawatan di RSUD Lahat, berdasar hasil pemeriksaan Swab yang keluar hari ini, Kamis (27.08.2020) juga dinyatakan positif Covid 19.

Pantauan media ini, petugas kesehatan dari Puskesmas Bandar Jaya yang datang ke kediaman pasien berpakaian lengkap standar petugas Covid 19 mengendarai kendaraan ambulan kesehatan. Namun sayang, upaya penjemputan tertunda, karena sesuatu hal terkait ada mekanisme kesehatan yang harus benar-benar matang dipersiapkan.

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Lahat Ponco Wibowo dihubungi via telpon menjelaskan, pasangan suami istri yang tekonfirmasi positif Covid besok pagi tepatnya pada hari Jum’at (28.08.2020) akan dilakukan penjemputan dari pihak medis yang nantinya akan dilakukan scraning ulang di RSUD Lahat untuk dan memastikan gejala Covid pada pasien masuk dalam kategori ringan, sedang atau berat hingga bisa benar-benar bisa dipastikan harus mendapat perawatan di RSUD Lahat atau bisa dilakukan di Rumah Sehat Covid 19 yang berada di Batay.

“Ada perubahan Juklak dan Juknis, kemarin rumah sehat di batay dikhususkan bagi pasien reaktif hasil pemeriksan Rapid Test, sekarang rumah sehat dikhusukan untuk pasien positif covid 19 berdasar SWAB. Intinya besok kita lakukan penjemputan dan bakal kita tentukan masuk ke RSUD Lahat atau Rumah Sehat Batay, yang jelas proses scraning ulang ini sangat diperlukan agar kita tau adakah penyakit penyerta lainnya,” terang Ponco.

Dijelaskan Ponco, pihak dari petugas Covid 19 bakal bekerja maksimal dalam hal penanganan Covid 19 di Kabupaten Lahat. Terkait tracking lanjutan dari pasien pasangan suami istri dimaksud, Dinkes Lahat akan segera melakukan tindakan dari hasil keterangan yang disampaikan pasien ini.

“Segera akan kita lakukan tracking pada warga yang telah kontak erat dalam beberapa hari ini. Untuk penjemputan besok, yang jemput adalah dari Puskesmas Bandar Jaya dibawa komando Dokter Sumirah,” Ujarnya.

Ponco menghimbau, diharapkan pada masyarakat jangan resah tetap patuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan diantaranya pakai masker dan jaga jarak.

“Diminta warga agar jangan resah, kalau merasa pernah kontak erat dengan pasien segera melaporkan diri ke petugas kesehatan terdekat. Tetap patuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan, selalu pakai masker dan jaga jarak, ” Pungkasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

MAKI SUMSEL : Tanda Tangan Tempel Tidak Dibenarkan, Bila Bupatinya Terlibat Proses Sesuai Hukum

Bagikan Berita ini ... FERI KURNIAWAN Deputy MAKI SUMSEL Lahat, Detiksriwijaya – Penggeledahan dalam pencarian …