Sabtu , September 18 2021
Slider
Home / Lahat / Musdes, Desa Muara Danau Siap Terapkan DD Sesuai Peruntukannya

Musdes, Desa Muara Danau Siap Terapkan DD Sesuai Peruntukannya

Bagikan Berita ini ...

Lahat, Detikriwijaya – Musdes (Musyawarah desa) Desa Muara Danau, hari ini Senin, (16.11.2020) diikuti BPD tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur Tripika Camat Tanjung Tebat Aria Pulun, Kapolsek Kota Agung Tanjung Tebat Iptu Hendrinadi SH, Danramil Kota Agung Kapten Ndaru diwakili Babinsa Serka Epansi.

Musdes yang dilaksanakan dikediaman Kades Muara Danau Jon Hendri berjalan lancar tanpa kendala. Musdes memutuskan untuk melanjutkan pembangunan yang belum maksimal yakni pembangunan prioritas berupa SPAL dan sanitasi air bersih yakni sumur bor.

“Pembangunan di tahun 2020 masih ada bangunan yang belum masksimal terselesaikan karena adanya pengalihan dana desa ke bantuan warga terdampak Covid 19. Untuk itu dikatakan Jon, dirinya berharap agar pembangunan yang belum selesai maksimal agar bisa diselesaikan di tahun 2021 nantinya melalui dana desa,”ujar Kades menyampaikan masukan.

Camat Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat Aria Pulun menjelaskan, bahwa Musdes musti dilakukan seluruh desa di Kecamatan Tanjung Tebat untuk bisa melaksanakan pembangunan di tahun selanjutnya (tahun 2021) agar bisa tepat sasaran dan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Musdes merupakan dasar hukum untuk desa sebagai arah pembangunan berikutnya, 23 Desember 2020 Musdes harus selesai semua. Dilaksanakan Musdes agar apa yang dilakukan kedepan tidak bisa tepat sasaran,”sampainya.

Dilanjutkan Aria Pulun, stunting salah satunya menjadi skala prioritas pada penerapan dana desa tahun 2021 nantinya. Sebagai masukan lainnya, bumdes agar segera dibentuk berdasarkan potensi yang ada.

“Tujuan Bumdes adalah untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat, prioritaskan penyelesaian pembangunan di 2020 yakni sumur bor dan jalan, karena air bersih juga yang harus diprioritaskan pada penerapan dana desa nantinya,”ujar Aria.

Senada, Kapolsek Iptu Hendrinadi SH mengatakan selaku pihak dari menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Kecamatan Kota Agung dan Kecamatan Tanjung Tebat, selaku aparat berwajib memang sudah ada MOU dengan Kemendagri terkait monitoring dan diharapkan agar Musdes

“Jangan sampai Musdes hanya dijadikan sebagai penyambut dana desa di tahun 2021 mendatang, kami berharap DD yang nantinya dibangunkan atau diperuntukan pada desa dan masyarakat tepat sasaran, sesuai azas dan manfaatnya,”terang Hendrinadi.

Lanjut Kapolsek, kepada pemerintah desa agar dapat transparan dalam pengolahan dana desa sehingga tidak menimbulkan fitnah di masyarakat. Serta bisa melibatkan pihak wartawan untuk mempublish setiap program pembangunan yang dilakukan.

“Ketransparan sangat diperlukan dalam mengelolah dana desa, ini langkah yang bagus yang dilakukan Kades Muara Danau dengan melibatkan pihak wartawan. Sehingga dengan dipublish rekan wartawan bisa menepis adanya fitnah yang tidak kita inginkan,”pungkasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

MAKI SUMSEL : Tanda Tangan Tempel Tidak Dibenarkan, Bila Bupatinya Terlibat Proses Sesuai Hukum

Bagikan Berita ini ... FERI KURNIAWAN Deputy MAKI SUMSEL Lahat, Detiksriwijaya – Penggeledahan dalam pencarian …