Sabtu , September 18 2021
Slider
Home / Kesehatan / Bupati Optimis Bisa Turunkan Stunting Jadikan Lahat Kabupaten Sehat

Bupati Optimis Bisa Turunkan Stunting Jadikan Lahat Kabupaten Sehat

Bagikan Berita ini ...

PALEMBANG, Detiksriwijaya – Dalam kegiatan paparan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat menyakini bisa menurunkan angka stunting di Bumi Seganti Setungguan Lahat.

Kalimat tersebut disampaikan Bupati Lahat, dalam rangka kegiatan penilaian kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting terintegrasi Provinsi Sumsel yang diselenggarakan tim penilai Bappeda Provinsi Sumsel, di Hotel The Zury Palembang, Kamis (17/6).

Disampaikan Cik Ujang bahwa di tahun 2019 terdapat 11 lokasi daerah yang mengalami stunting. Dengan rincian, terdiri dari 9 desa dan 2 kelurahan. Diperjelasnya, tak hanya itu saja, bahwa sebelumnya ada peningkatan kasus stunting, yang mana terdiri 5 desa dan 1 kelurahan dengan rincian jumlah balita yang di ukur pada tahun 2019 terdapat 60,4% sedangkan di tahun 2020 menjadi 80,3,3%.

“Sedangkan untuk 4 desa dan 1 kelurahan yang mengalami penurunan kasus stunting disebabkan karena adanya interpensi yang tepat sasaran. Oleh karena itulah Pemda Lahat akan serius untuk mencegah stunting di Kabupaten Lahat,”katanya dengan yakin.

Bahkan, tambah Cik Ujang, Kabupaten Lahat akan terus berusaha menurunkan kasus stunting. Termasuk juga dalam penanganan stunting yang di mulai dari tahun 2019 sampai saat ini.

”Karena penurunan stunting ini sebagai bentuk untuk mempercepat penanganan stunting yang menjadi fokus tujuan utama terutama bagi remaja pra nikah, ibu hamil dan balita,”ujarnya.

Sementara itu, ketua tim penilai dari provinsi Sumsel, Joni mengatakan bahwa Kabupaten Lahat merupakan kabupaten pertama dari 6 kabupaten di Sumsel yang sudah mengumpulkan hasil pengukuran balita.

“Ini juga dikarenakan peran serta aktif dari dinas terkait seperti Dinas Kesehatan yang telah mengkordinir temen temen puskesmas kecamatan desa sehingga dapat menginput data pengukuran balita dengan cepat,”terangnya.

“Mudah mudahan kedepanya dengan pemahaman dan kesadaran masyarakat kabupaten lahat semoga mencapai predikat Lahat kabupaten sehat dapat tercapai,”pungkasnya.


Bagikan Berita ini ...

Lihat Lagi

Lima Saksi Dari SMA Di Lahat Dipanggil Dalam Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi 1,1 M Di Perpustakaan Lahat

Bagikan Berita ini ... Beberapa Saksi Hindari Wartawan Lahat, Detiksriwijaya – Tim Penyidik Tindak Pidana …