Slider
Home / Manggala Agni / Peserta Antusias Ikuti BIMTEK Pengendalian KARHUTLA

Peserta Antusias Ikuti BIMTEK Pengendalian KARHUTLA

Bagikan Berita ini ...

Lahat, Detiksriwijaya – Peserta bimbingan teknis pengendalian kebakaran hutan dan lahan terlihat sangat antusias. Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersinergi dengan International Tropical Timber Organization (ITTO), Jum’at (09/07/2021).


International Tropical Timber Organization (ITTO) adalah lembaga yang memberikan Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan untuk Anggota Manggala Agni di Sumatera Selatan pada tanggal 6-8 Juli 2021. Bimtek ini menggandeng Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera.


Ada 60 Anggota Manggala Agni mengikuti kegiatan ini. Bimtek ini dilaksanakan di Daops Sumatera XVI/Lahat juga di Daops Sumatera XVII / OKI dengan masing-masing 30 peserta. Pada saat pembukaan acara, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian LHK diwakili oleh Kasubdit Tenaga Sarana dan Prasarana Mujiastuti, mewakili Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian LHK dalam arahannya menyampaikan kegiatan bimtek harus mengedapankan protokol kesehatan pencegahan covid 19 secara ketat dan disiplin.

Penyelenggaraan Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam kerangka kerjasama KLHK dengan ITTO melalui program “Capacity Building on Forest and Land Fire Management in Indonesia”kegiatan kerjasama tersebut merupakan salah satu bentuk upaya koordinasi dan sinergitas dengan para pihak terkait dalam hal ini ITTO untuk turut serta berkontribusi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.
“Kegiatan bimbingan teknisi ini sejalan dengan arahan Presiden RI bahwa upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab semua pihak serta dalam pelaksanaannya harus selalu meningkatkan sinergi dan peran para pihak terkait.

Lebih khusus lagi sebagaimana tajuk kerjasama ini yaitu ‘capacity building’ sehingga harus menekankan pada peningkatan kapasitas para pihak dan mengutamakan upaya pencegahan karhutla ”, ujar Mujiastuti.


Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto. Dalam sambutan dan arahan, beliau menyampaikan keprihatinan yang mendalam akan situasi dan kondisi saat ini, juga menekankan untuk semua yang terlibat dalam kegiatan untuk selalu menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat dan disiplin.


Kepala Balai berpesan “agar semua personil Manggala Agni bisa memanfaatkan waktu belajar sebaik mungkin, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang K3. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak ITTO, Direktorat PKHL, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan dan Balai KSDA Sumatera Selatan yang sudah bersinergi dalam melaksanakan kegiatan ini.


Pada hari pertama Bimtek tanggal 6 materi tentang pengendalian Karhutlah yang disampaikan oleh Manggala Agni dan prakteknya berupa simulasi pemadaman, pada hari ke-2 penyampaian materi Evakuasi Satwa dari Balai KSDA Sumatera Selatan.


Dan pada hari ke-3 materi yang disampaikan yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan penyampaian materi Ketiganya saling berkaitan satu sama lain, dan sangat bermanfaat bagi para Manggala Agni dalam mendukung tugas pokok dan fungsinya melaksanakan pengendalian karhutla. Penyelenggarana kegiatan bimtek ini seharusnya dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi Manggala Agni terlebih lagi dengan fasilitasi dan transfer knowledge dari para narasumber dan instruktur/fasilitator yang sangat kompeten dan berpengalaman dibidangnya. Peserta Manggala Agni diharapkan selalu aktif dalam menyerap materi teori maupun praktik yang diberikan, sehingga nantinya bisa diterapkan lebih lanjut di lapangan.


Kegiatan Kerjasama KLHK-ITTO, Bahwa ITTO merupakan organisasi antar pemerintah yang mendorong konservasi sumberdaya hutan tropis, termasuk dalam kegiatan pengelolaan, pemanfaatan, perdagangannya secara berkelanjutan. Kegiatan Kerjasama ITTO ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui penguatan kapasitas tehnik dan manajemen para pihak terkait, dengan 3 provinsi sasaran, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan. (Rilis).


Bagikan Berita ini ...